by google

Jumat, 05 April 2013

Seblak Woles



FAKULTAS EKONOMI
STUDENT SATURDAY MARKET
BUSINESS PLAN

SEBLAW

KULINER

VIDORI NADATHERIAN / 1201503370
S1 AKUNTANSI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2013

Nama Perusahaan
SEBLAW (Seblak Woles)
Bidang Usaha
Kuliner/Makanan
Jenis Produk
Seblak
Alamat Perusahaan
Jl. T.M Hanafiah Kampus USU Padang Bulan Medan
Nomor Telepon
082167659333
Alamat Email
Situs Web/Blog
http://seblakwoles.blogspot.com/
Tanggal Berdiri
01 Oktober 2012

Nama
Vidori Nadatherian
Jenis Kelamin
Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir
Medan, 01 Desember 1994
NIM Lengkap
120503370
Program Studi
S1-Akuntansi
Alamat
Jl. Pelajar Timur Gg. Kasih No. 10B, Medan
Telepon
082167659333
E-mail
Peran dalam Perusahaan
Direktur Umum

Nama
Agung Ardityas
Jenis Kelamin
Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir
Medan, 01 Oktober 1993
NIM Lengkap
120503212
Program Studi
S1-Akuntansi
Alamat
Villa Mulia Mas Blok B3 No. 13
Telepon
085373787015
E-mail
Peran dalam Perusahaan
Manajer Pemasaran

Nama
Muhammad Fachmi Aulia
Jenis Kelamin
Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir
Bandung, 20 April 1994
NIM Lengkap
120501142
Program Studi
Ekonomi Pembangunan
Alamat
Jl. Beringin Raya No. 9 Kec. Helvetia Medan
Telepon
087822911014
E-mail
Peran dalam Perusahaan
Manajer Produksi

Nama
M. Mujtahid Fikri
Jenis Kelamin
Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir
Medan, 17 Juli 1994
NIM Lengkap
122101233
Program Studi
D3-Keuangan
Alamat
Jl. Pelajar Timur Gg. Kasih
Telepon
083199000989
E-mail
Peran dalam Perusahaan
Manajer Keuangan

Nama
Indi Aprianto
Jenis Kelamin
Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir
Medan, 27 April 1993
NIM Lengkap
120503366
Program Studi
S1-Akuntansi
Alamat
Perum. Menteng Indah Blok F1 No. 1
Telepon
085262116717
E-mail
Peran dalam Perusahaan
Manajer Logistik

            Usaha yang kami beri nama "Seblak Woles" ini berdiri pada tanggal 01 Oktober 2012 di Medan, Sumatera Utara. Usaha ini didirikan oleh kami, 5 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi USU, yaitu Vidori Nadatherian, Agung Ardityas, Muhammad Fachmi Aulia, Indi Aprianto dan M. Mujtahid Fikri. Bidang usaha kami berupa industri makanan yang akan kami jual secara langsung. Usaha ini berada di Jl T. M. Hanafiah Kampus USU Padang bulan, Medan, tepatnya di Business Hall Fakultas Ekonomi USU dalam rangka Student Saturday Market. Usaha ini kami dirikan dengan tujuan untuk mata kuliah Praktek Bisnis dalam materi perkuliahan kami.
            Dalam usaha ini kami menyajikan makanan khas Sunda yang bercita rasa gurih sedikit pedas dan agak asin dengan tekstur kenyal yang dapat mengoyang lidah dengan bahan baku untuk per satu porsinya:
1. Kerupuk Udang      : 0.4 ons
2. Bawang putih          : 1,5 siung
3. Bawang merah        : 1 siung
4. Kencur                    : 1/8 potong
5. Telur                        : 1 butir
6. Minyak Goreng       : 2 sendok makan
7. Garam                     : 1 sendok teh
8. Cabai rawit              : 0,25 ons




Cara pembuatan :
1. Giling bawang putih dan campurkan bawang 2. Masukan bawang merah dan cabai rawit










3. Rebus kerupuk                                4. Tiriskan kerupuk dan campurkan minyak 1 sendok makan








 

5. Tumis bahan yang sudah di giling              6. Masukan telur










7. Masukan kerupuk yang sudah di tiriskan   8. Seblak siap disajikan










            Nilai penjualan perhari yang ditargetkan adalah 70 porsi dengan harga Rp. 8.000,00 yang berarti omset yang kami dapatkan adalah Rp 560.000,00.
            Nilai aset perusahaan sebesar modal yang dibutuhkan dan alat-alat yang diperlukan untuk menjalankan operasinal setelah diakumulasikan berjumlah Rp 480.000,00 dengan rincian:
-          Spatula                        : Rp. 12.000,-
-          Kompor Gas                : Rp. 45.000,-
-          Teflon                          : Rp. 150.000,-
-          Panci                           : Rp. 30.000,-
-          Gas 3 Kg                     : Rp. 45.000,-
Total                                  : Rp. 487.000,-
            Pengembangan usaha dapat dilakukan apabila rencana yang telah disusun berjalan dengan baik. Kami memperkirakan usaha ini dapat menghasilkan laba yang cukup memuaskan sebab keuntungan dari tiap produk yang akan dijual cukup besar. Namun harga jual yang patok masih pada batas terjangkau bagi mahasiswa/i, dosen serta masyarakat lainnya. Serta jenis produk yang akan kami jual merupakan produk yang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat pada umumnya.
            Usaha ini akan kami jalankan sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk studi praktek bisnis. Selain itu kami juga akan coba untuk memasarkannya pada teman-teman di fakultas lain sekitar USU. Dan untuk rencana lebih jauh lagi, setelah program SSM ini, kami akan melanjutkan usaha ini di sela-sela waktu kami ssebagai mahasiswa di fakultas ekonomi USU.


            Awalnya kami akan mencoba menjual 70 porsi Seblak Woles per SSM dengan harga Rp 8.000,00 yang berarti jika terjual habis maka kami mendapat laba kotor sebesar Rp 560.000,00 yang jika memungkinkan atau laaku keras kami akan menambah penjualaan sebaanyak-banyaknya.

            Dana yang ada akan kami gunakan untuk kebutuhan yang kami perlukan dalam sekali SSM. Yang mana kebutuhan kami sebagai berikut:
No
Nama
Jumlah
Biaya
1
Gas
3 Kg
Rp. 15.000
2
Pemasaran
Unlimited
Rp. 30.000
3
Total
Rp. 45.000

Total Cost        = Fixed cost + (Variable cost x 70)
                                = Rp. 45.000 + Rp. (3.365 x 70)
                                = Rp. 45.000 + Rp. 235.550
                                = Rp. 280.550
Sumber dana kami berasal dari hasil pengumpulan uang dari direktur dan seluruh anggota.
            Semua dana yang terkumpul nantinya akan kami gunakan untuk membeli bahan baku serta peralatan yang kami butuhkan selama proses penjualan.


            Ide usaha kami ini pertama kali tercetus setelah diskusi yang cukup panas dan panjang di dalam forum kelompok usaha kami, di mana setelah diskusi selama tiga hari yang menguras tenaga serta pikiran tersebut akhirnya menarik kesimpulan untuk berjualan produk kuliner yang mempunyai cita rasa tinggi serta membawa kekhasan suatu daerah yang memang terkenal dengan wisata kulinernya.
            Produk yang kami pilih ini mempunyai rasa yang sangat gurih, asin serta pedas (bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen). Di mana cita rasa seperti ini pada umumnya sesuai dengan lidah orang Indonesia yang menyukai cita rasa khas bumbu rempah-rempaah yang mempunyai aroma yang dapat menghipnotis dan mengundang selera.
            Nama produk kami sendiri adalah seblak yang terbuat dari kerupuk udang yang direbus sampai lembut tetapi tidak sampai hancur kemudian di tumis dengan bumbu yang telah di giling secara bersamaaan. Kemudian dicampur dengan ongsengan telur yang mengairaahkan setalah cukup matang disajikan di atas piring yang dituang saus sambal yang pedas.
            Nama Seblak Woles sendiri diambil dari cita rasa yang ketika dimakan akan menimbulakan perasaan woles atau selow(dalam bahasa anak muda medan)dan bahasa ini sedang popular di kalangan Mahasiswa USU.
            Kami menjual produk ini karena memiliki perbedaan dari produk lain selama SSM siklus pertama dan kedua. Perbedaannya terletak pada kekhasan daerah yang kami bawa selain cita rasannya yang berbeda dan nama produk yang popular.
            Kami sangat yakin produk ini dapat berkembang secara pesat karena kami juga telah melakukan tes pasar dan hampir semua menyatakan menyukai produk kami ini. Berikut analisis SWOT dari produk kami:
Strength:
-          Jarang ditemui di Medan
-          Cita rasa yang familiar dan tinggi
-          Harga terjangkau
-          Nama yang menarik
Opportunity:
-          Pasar sudah terbentuk
-          Peminat sudah mulai ada
Weakness:
-          Proses pembuatan yang cukup memakan waktu
-          Tampilan yang masih dalam proses penyempurnaan
Threats:
-          Mudah ditiru orang lain


            Di sini pemasaran yang kami lakukan pada produk kami yaitu melalui social media, mulut ke mulut. Sosial media yang kami gunakan adalah twitter dan blog. Karena social media tersebut sedang popular di kalangan mahasiswa. Alamat social media kami yaitu: https://twitter.com/seblakwoles dan http://seblakwoles.blogspot.com/
            Tempat yang kami gunakan untuk pemasaran ini yaitu di halaman Fakultas Ekonomi USU yang mengadakan program SSM. Dan harga yang kami bandrol juga tidak terlalu tinggi dan mudah terjangkau oleh mahasiswa.
            Kami juga sebisa mungkin terus dan terus melakukan penyebaran informasi tentang keberadaan produk dan kelompok bisnis kami kepada setiap orang yang kami temui dan kami kenal.
            Untuk berjalannya strategi pemasaran secara intens dan efektif kami membutuhkan jaringan internet yang unlimited seharga Rp 30.000,00 dari sebuah provider internet. Ini kami lakukan untuk keperluan blog dan twitter kami.
            Karena rata-rata anggota kelompok kami mempunyai BlackBerry maka kami juga melakukan atau membuat sebaran broadcast message secara continiu atau berkelanjutan agar berita tentang produk kami terus bergema. Untuk keperluan broadcast message tersebut kamu mengeluatkan dana dari kantung pribadi karena untuk keperluan tersebut sejalan dengan keperluan masing-masing anggota kelompok kami.
            Hal ini cenderung efektif karena hampir semua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara memiliki peralatan komunikasi yang serupa serta telah memiliki akun twitter yang sedang populer dewasa ini. Untuk pembuatan blog sendiri lebih ditujukan untuk khalayak di luar lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

            Strategi yang kami gunakan dalam pola pelayanan usaha ini adalah dimulai dari mendesign logo perusahaan, logo yang kami gunakan di sini menggunakan design yang sederhana yang dimana kami meletakkan nama perusahaan kami sendiri. Dan teknologi yang kami gunakan pada proses pembuatan produk ini juga cukup sederhana dan higienis seperti kompor yang dilengkapi tabung gas 3 Kg, lalu wajan ukuran sedang, lalu spatula. Dan strategi pelayanan yang akan kami jalankan yaitu membungkus produk dengan menggunakan kotak yang berbahan pelastik bening. SDM yang kami butuhkan di sini terdiri dari Direktur, Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan, Manajer Produksi, Manajer Logistik yang mana masing-masing berperan sesuai bidangnya.
            Untuk komponen bahan baku sendiri kami mengambil bahan dari kualitas terbaik dan terjamin kualitas serta kehigienisannya. Bahan baku kerupuk yang kami pakai adalah kerupuk udang kemasan yang telah mendapat nomor registrasi dari depkes serta sertifikasi dari MUI begitu juga dengan minyak goreng serta garam. Untuk bumbu rempah yang kami pakai kami menggambil dari supermarket sehingga terjaga kualitasnya.
            Untuk struktur organisasi sendiri kami menempatkat satu orang direktur yang discover oleh empat orang manajer yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Direktur kami sendiri adalah mahasiswa S1 akuntansi bernama Vidori Nadatherian yang mempunyai jiwa kemimpinan yang tinggi serta integritas yang tidak diragukan lagi. Menejer  pemasaran kami juga merupakan mahasiswa S1 akuntansi bernama Agung Ardityas  yang aktif di berbagai organisasi social yang tentunya mempunyai banyak link untuk menyebarkan produk kami. Majener produksi kami adalah mahasiswa S1 ekonomi pembangunan bernama M. Fachmi Aulia yang juga berasal dari Bandung yang mengerti seluk beluk dari produk kami ini. Manajer keuangan kami adalah mahasiswa DIII keuangan yang bernama M. Mujtahid Fikri yang berkompeten dalam membuat analisi keuangan. Dan yang terakhir adalah manajer logistik kami yang bernama Indi Aprianto yang selalu siap sedia menyediakan setiap barang yang diperlukan selama proses produksi dan penjalan.


Harga Jual X Target Penjualan = Omset
Rp 8.000,00 X 70 = Rp 560.000,00
Nilai aset perusahaan sebesar modal yang dibutuhkan dan alat-alat yang diperlukan untuk menjalankan operasinal setelah diakumulasikan berjumlah Rp 480.000,00 dengan rincian:
-          Spatula                        : Rp. 12.000,-
-          Kompor Gas                : Rp. 45.000,-
-          Teflon                          : Rp. 150.000,-
-          Panci                           : Rp. 30.000,-
-          Gas 3 Kg                     : Rp. 45.000,-
Total                                  : Rp. 487.000,-

            Strategi pemasaran yang kami lakukan lebih menjurus pada system pemasaran melalui social media twitter dengan akun @seblakwoles dan pemasaran dari mulut ke mulut kepada teman-teman Karen skup pemasaran kami relative sempit yaitu hanya sekitar Fakultas Ekonomi USU.
            Mengapa kami memilih social media twitter sebagai wadah kami melakukan promosi terlebih kepada perkembangan zaman di mana kebanyakan mahasiswa FE USU telah mengggunakannya sebagai media berkomunikasi dan berinteraksi sesama mereka maupun di luar komunitas kampus, sehingga kami merasa media ini sangat effektif.
            Alternative lain yang kami gunakan sebagai media berpomosi daan melakukan pemasaran adalah melalui broadcast message yang tersedia di Black Berry Messenger (BBM) para anggota grup bisnis kami. Kami akan melkukannya secaraa rutin kepada setiap mahasiswa/i yang terdapat pada kontak BBM kami.

VI. Analisis Keuangan

VI.1 Variable Cost (per Porsi)
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kerupuk Udang
0.4 ons
Rp. 8.000/500 gr
Rp. 1000
2
Bawang Putih
1.5 siung
Rp. 100/suing
Rp. 150
3
Bawang Merah
1 siung
Rp. 100/suing
Rp. 100
4
Kencur
1/8 siung
Rp. 500/siung
Rp. 40
5
Telur
1 butir
Rp. 1.000/butir
Rp. 1.000
6
Minyak Goreng
2 sendok makan
Rp. 10.000/liter
Rp. 50
7
Garam
1 sendok teh
Rp. 1.000/bungkus
Rp. 25
8
Cabe Rawit
0.25 ons
Rp. 2.000/ons
Rp. 500
9
Tempat Plastik
1 buah
Rp. 300/buah
Rp. 300
10
Sendok Plastik
1 buah
Rp. 200/buah
Rp. 200
11
Total
Rp. 3.365

VI.2 Fixed Cost (Sekali SSM)
No
Nama
Jumlah
Biaya
1
Gas
3 Kg
Rp. 15.000
2
Pemasaran
Unlimited
Rp. 30.000
3
Total
Rp. 45.000

Total Cost        = Fixed cost + (Variable cost x 70)
                                = Rp. 45.000 + Rp. (3.365 x 70)
                                = Rp. 45.000 + Rp. 235.550
                                = Rp. 280.550
            Harga per porsi x 70 – Total cost
                                = Rp. 8.000 x 70 – Rp. 280.550
                                = Rp. 279.450
            Biaya total produksi = Rp. 280.550
      
BEP harga                  = Total biaya produksi selama sekali SSM : Jumlah Produksi
                                                =Rp. 280.550: 70 porsi = Rp. 4.007
            Harga jual per porsi     = Rp. 8.000
            BEP produksi              = Total biaya produksi selama sekali SSM : Harga per porsi
                                                = Rp 280.550 : Rp.8000 = 35 Porsi
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam sekali SSM harus terjual 35 porsi seblak woles dengan harga Rp. 8.000

Harga Jual X Target Penjualan = Omset
Rp 8.000,00 X 70 = Rp 560.000,00

SEBLAW
5 MEI 2013

A.    PENERIMAAN
4 MEI
11 MEI
18 MEI
1 JUNI
Penerimaan Penjualan
Rp 560.000
Rp 560.000
Rp 560.000
Rp 560.000
Penerimaan Pinjaman
-
-
-
-
Penerimaan Sub Total
Rp 560.000
Rp 560.000
Rp 560.000
Rp 560.000
B.     PENGELUARAN




Pembelian Aset (Investasi)
Rp. 45.000
Rp. 45.000
Rp. 45.000
Rp. 45.000
Pembelian Bahan Baku
Rp 235.550
Rp 235.550
Rp 235.550
Rp 235.550
Biaya Produksi Lain-Lain
-
-
-
-
Biaya Administrasi Lain-Lain
-
-
-
-
Angsuran Pokok
-
-
-
-
Pengeluaran Sub Total
Rp. 280.550
Rp. 280.550
Rp. 280.550
Rp. 280.550
C.     SELISIH KAS
Rp 279.000
Rp 279.000
Rp 279.000
Rp 279.000
D.    SALDO KAS AWAL
Rp. 280.550
Rp. 280.550
Rp. 280.550
Rp. 280.550
E.     SALDO KAS AKHIR
Rp 279.000
Rp 279.000
Rp 279.000
Rp 279.000


Biodata dan Foto Kelompok
                                        
                                         Nama           : Vidori Nadatherian
                                         NIM             : 120503370
                                         Jabatan         : Direktur Umum
                                         Job Desk    : Di sini saya bertindak sebagai Direktur 
Perusahaan, saya bertugas mengkoordinir
Teman teman saya dalam menjalankan tugasnya. Saya yang bertanggung jawab atas segala konsekuensi perusahaan sekaligus yang memutuskan setiap keputusan yang diambil oleh perusahaan.






                                             
                                          Nama          : Agung Ardityas
                                          NIM            : 120503212
                                          Jabatan        : Manajer Pemasaran
                                        Job Desk     : Di sini saya bertindak sebagai Manajer Pemasaran, saya bertugas memasarkan atau Mempublikasikan produk yang di buat oleh perusahaan, agar konsumen dapat mengetahui dan tertarik dengan produk yang kami buat.





                                                    


                                     

                                      Nama         : Muhammad Fachmi Aulia
                                      NIM          : 120501142
                                      Jabatan      : Manajer Produksi
                                      Job Desk    : Di sini saya bertindak sebagai Manajer
Produksi, saya bertugas memproduksi produk yang akan kami pasarkan, saya yang bertugas menentukan semua yang berhubungan tentang produksi.


 














                                         

                                           Nama         : Muhammad Mujtahid Fikri
                                           NIM          : 122101233
                                           Jabatan      : Manajer Keuangan
                                           Job Desk    : Di sini saya menjabat sebagai Manajer
Keuangan, saya bertugas memantau, membuat, dan mengontrol keuangan perusahaan agar keadaan keuangan perusahaan dalam keadaan sehat.








                                                   

                                Nama         : Indi Aprianto
                                NIM          : 120503366
                                Jabatan      : Manajer Logistik
                                Job Desk    : Di sini saya menjabat sebagai Manajer
Logistik, saya bertugas menyediakan segala peralatan yang di butuhkan perusahaan dalam menjalankan usaha ini.


1 komentar: